Blooglog

Tutorial Ngeblog, Tips dan Trik Tentang Ngeblog

Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya

Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya – Melanjutkan dari tutorial sebelumnya Cara Membuat Blogspot dari Awal, disini saya akan menjelaskan tentang fungsi dari menu-menu yang tersedia pada dashboard blogspot. Memang baru beberapa bulan lalu dashboard blogspot diperbarui dan disederhanakan guna mempermudah penggunannya. Tetapi untuk yang masih pemula, tetap saja akan sedikit kesulitan akan maksud dan fungsi dari menu-menu tersebut.

Setelah Anda login dan berhasil membuat sebuah blog, Anda akan dibawah pada menu utama dashboard blogspot. Jadi nanti setiap Anda login, akan langsung masuk ke dashboard utama. Berbeda dengan tampilan yang terdahulu, yang mengharuskan Anda memilih blog yang akan Anda pilih barulah masuk ke dashboard. Disini sudah jelas bahwa akses yang diberikan jauh lebih cepat dibanding tampilan blogspot sebelumnya.

Tampilan utama dashboard setelah Anda login kira-kira seperti gambar dibawah ini:

Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya

Keterangan:

1. Pertama ini adalah menu pilihan blog yang akan Anda buka. Anda juga bisa menambahkan atau membuat blog baru pada menu tersebut. Tinggal klik saja nanti akan muncul submenu yang menampilkan blog Anda atau pilihan untuk membuat blog baru. Anda juga dapat membuat blog sebanyak-banyaknya.

Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya

2. Menu POS, menu yang digunakan untuk membuat artikel/postingan yang Anda buat lalu kemudian mempublishnya. Menu inilah yang akan paling sering Anda gunakan. Di men ini Anda dapat melihat jumlah artikel/postingan yang sudah Anda buat. Untuk membuat postingan baru Anda hanya perlu melakukan klik pada tombol “Entri baru” yang di tunjuk tanda warna merah. Lalu setiap postingan yang sudah Anda publish atau pun masih dalam keadaan “draft” nanti akan terlihat pada kotak biru.

3. Menu ketiga ini adalah menu yang digunakan untuk memantau atau melihat lalu lintas trafik yang ada pada blog Anda. Jadi jika Anda memiliki beberapa post dan ada pengunjung yang membacanya, nanti akan terlihat pada menu tersebut. Dan juga memberitahu Anda dari mana saja pengunjung itu datang, google search misalnya. Anda dapat meningkatkan pengunjung dengan memperbanyak post artikel, tentu saja harus diimbangi dengan isi yang berkualitas.

Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya

4. Menu komentar ini digunakan untuk memberikan notifikasi kepada Anda jika pengunjung yang datang mengomentari salah satu artikel/postingan. Anda juga bisa menghapus komentar tersebut jika memang tidak layak atau tidak sesuai dengan isi artikel. Anda juga bisa mengaktifkan fitur moderasi komentar, untuk lebih mudah mengatasi apabila ada yang melakukan komentar spam.

5. Menu ini digunakan untuk melakukan kampanye atau promosi pada blog Anda. Akan saya bahas selanjutnya, karena menu ini digunakan untuk blog yang memang memiliki tujuan untuk berjualan atau promosi sebuah produk. Tentu saja pada menu ini nantinya akan dikenakan biaya.

6. Laman ini adalah postingan dengan isi kontent yang bersifat statik. Tampilannya hampir sama dengan menu POS. Biasanya menu ini hanya digunakan untuk membuat halaman-halaman penting seperti, Tentang Blog, Kontak, TOS, Disclaimer, dan lain sebagainya. Ingat ya, untuk membuat laman ini, Anda harus memastikan untuk mengisi judul terlebih dahulu agar permalink (permanent link) tidak terbentuk secara acak dan pastikan juga mengisi judul laman tidak salah, karena tidak bisa di ganti seperti pada menu POS, kecuali Anda membuat baru.

7. Menu Tata Letak. Menu ini bertujuan untuk mempercantik tampilan blog Anda. Anda juga bisa menambahkan beberapa gadget/fitur pada menu tersebut. Anda dapat mengatur letak gadget dimana yang Anda mau.

Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya

8. Menu satu ini digunakan untuk mengganti tema sesuai yang Anda Mau. Anda juga bisa melakukan kustomisasi pada tema dengan menekan tombol “EDIT HTML“.

Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya

9. Menu yang digunakan untuk mengatur berbagai macam setelan pada blog. Mengganti bahasa, zona waktu, moderasi komentar, dan banyak lainnya terdapat pada menu “Setelan“.

Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya

10. Pada urutan ini adalah nama atau profil yang akan Anda gunakan untuk mengelola blog. Jadi misalnya, setelah Anda melakukan publish sebuah artikel, nama tersebutlah yang akan digunakan sebagai autor atau pembuat artikel. Anda juga bisa mengganti profil tersebut dengan profil Google Plus Anda pada menu “Setelan“, lalu pilih “Setelan Pengguna“. Saya sarankan Anda menggunakan profil Google Plus saja, karena setiap Anda mempublish, Anda juga bisa langsung membagikannya pada profil Google Plus agar dapat meningkatkan pengunjung.

Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya

Nah, mungkin itu saja dasar dari fungsi dashboard blogspot. Anda juga bisa melakukan pengembangan diri dengan melakukan otak-atik pada menu-menu yang tersedia pada dashboard tersebut.

Sekian untuk artikel Mengenal Dashboard Blogspot dan Fungsinya ini, semoga dapat Anda pahami dan tentunya bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Blooglog © 2017 Frontier Theme