Blooglog

Tutorial Ngeblog, Tips dan Trik Tentang Ngeblog

Apa itu Hosting, Domain, dan Website?

Sekian lama terjun ke dunia blog, mencari tahu tenang seluk-beluk cara ngeblog yang baik, dan ternyata masih banyak juga yang belum tahu tentang perngertian Hosting, Domain, dan Website. Walaupun sudah banyak yang meberikan pengertian ini, banyak juga yang belu mengerti tentang Hosting, Domain, dan Website. Jadi mari kita simak saja lebih jelasnnya tetang Apa itu Hosting, Domain, dan Website?

Apa itu Hosting, Domain, dan Website?

Apa itu Hosting ?

Hosting adalah space harddisk yang bisa digunakan untuk menyimpan database, email dan file web yang lokasinya berada di komputer server.

Ada banyak sekali fitur hosting saat ini, tetapi beberapa yang penting adalah :

  • Space / kapasitas hosting : Ini adalah besarnya harddisk yang bisa Anda isi di hosting. Ukurannya berbagai macam, semakin besar, semakin leluasa Anda mengisinya.
  • Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya berbeda-beda. Semain besar ukuranya, semakin nyaman Anda mengolah website untuk trafik yang banyak. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya.
  • Jumlah database : Ini adalah untuk menentukan banyaknya database yang bisa Anda buat / tempatkan di hosting.
  • Jumlah addon domain : Banyaknya domain dengan lain yang bisa Anda tambahkan ke hosting.
  • Jumlah akun email : Banyaknya akun email yang bisa Anda buat untuk website Anda.

Apa itu Domain ?

Domain adalah nama yang diberikan untuk menggantikan alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.

Fungsi Domain ini adalah untuk mempermudah kita atau pengunjung agar selalu mengingat nama (Domain) daripada harus mengafalkan sederet banyak IP.

Domain ini juga terdiri dari beberapa level, yaitu :

1. Top Level Domain

Terdiri dari beberapa nama seperti dibawah:

  • .com (dotcommercial)
  • .net (dotnetwork)
  • .org (dotorganization)
  • .edu (doteducation)
  • .gov (dotgoverment)
  • .mil (dotmilitary)
  • .info (dotinfo)
  • dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada daftar diatas dan ccTLD adalah TLD yang digunakan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia yang memakai kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD)

Adalah nama domain yang Anda daftarkan. Misalnya nama domain yang Anda daftarkan adalah domainanda.com, maka domainanda adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain

Adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya saja nama domain yang Anda pakai adalah domainanda.com, maka Anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainanda, yaitu mail.domainanda.com atau estrex.domainanda.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau ada juga yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.

Apa itu website ?

Website adalah halaman web berisi informasi yang disediakan melalui jalur internet, sehingga dapat diakses seluruh dunia selama terkoneksi jaringan internet.

Website merupakan kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, animasi, video dengan topik, sehingga lebih merupaka media informasi yang menarik untuk dikunjungi.

Berdasarkan content management system (CMS) :

  • Web Statik (Static Website)
    Yaitu situs web yang dapat langsung ditulis dalam bentuk HTML dan berbentuk lebih sederhana seperti situs website dengan 5 (lima) halaman saja. Website ini bisanya berisi brosur produk dan jasa.
  • Web Dinamis (Dynamic Website)
    Yaitu web yang ditulis ke dalam bentuk bahasa pemrograman dan database, seperti PHP, ASP, Javascript, Ajax, jQuery dan MySQL. Dalam perkembangannya web dinamis ini menggunakan CMS sebagai back-end untuk administrator web itu sendiri. Salah satu yang paling terkenal karena sangat SEO Friendly adalah WordPress. Ada juga CMS lain yang bisa digunankan seperti Joomla, Drupal, CMS simple, Aura CMS dll. Contoh lain : detik.com, kompas.com dll.
  • Website Interaktif
    Web ini biasanya berisi komunikasi antar pemilik website dan pengunjung, web ini juga berisi tentang kontent bisa membuat interaksi antara pengunjung lainnya. Contoh web interaktif ini adalah blog dan forum.

Berdasarkan fungsi dan kegunaan web :

  • Web Personal/Perorangan : web yang bersifat menceritakan tentang biografi diri, pengalaman pribadi, kegiatan harian dll.
  • Web Komersial : Web ini dipakai untuk menunjukkan produk dan jasa suatu perusahaan, atau juga bisa melakukan transaksi penjualan secara online.
  • Web Pemerintahan : Web ini hanya bisa di pakai oleh pemerintahan yang resmi saja.
  • Web Non-Profit : Web digunakan untuk kepentingan non protif. Jenis web ini biasanya digunakan oleh yayasan, sekolahan, universitas, organisasi, LSM dll.

Nah sudah jelaskan tentang pengertian Apa itu Hosting, Domain, dan Website?

Ada sedikit tambahan apabila setelah Anda membeli hosting, Anda akan menerima email dengan isi URL yang ke hosting Anda, cPanel namanya.

Apa itu cPanel ?

cPanel adalah sebuah control panel untuk mengatur dari hosting Anda. Dengan cPanel ini, untuk mengatur dan mengolah hosting Anda akan lebih mudah dibandingkan dengan Panel lain, terutama untuk versi gratisan.

Fungsi penting pada cPanel ini adalah layanan yang digunakan untuk pemindahaan antar Hosting.

2 Comments

Add a Comment

Tinggalkan Komentar

Blooglog © 2017 Frontier Theme