Blooglog

Tutorial Ngeblog, Tips dan Trik Tentang Ngeblog

13 Langkah Sukses dari Blogging

Membangun Blog bisa menjadi suatu alat yang sangat berharga dan menguntungkan jika dapat mengelola dengan baik. Contoh dari keuntungan yang akan didapatkan adalah bisa mencuri perhatian pengunjung tanpa menggunakan alat promosi (ngiklan). Pada artikle ini Anda bisa mempelajari 13 Langkah Sukses dari Blogging.

13 Langkah Sukses dari Blogging

1. Kapan harus mulai?

Anda harus mulai membuat blog dengan layanan GRATIS seperti WordPress.com atau Blogger.com. Di mulai dari layanan gratis, memungkinkan Anda untuk bisa langsung membangun blog tanpa harus mengetahui tentang pengetahuan script, hosting, ataupun pemrograman. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus pada konten yang Anda buat ketimbang harus mengetahui internal pada blog (coding-codingan).

Di lihat dari manfaat yang Anda dapat pada layanan gratis ini, ketika Anda gagal (belum sukses) dalam blog, Anda tidak akan kehilangan uang untuk tagihan hosting maupun domain. Hal yang paling penting tentang blog adalah harus bisa mengatur urutan kronologis entri terbaru Anda mana yang akan tampil lebih dulu. Ketika trafik pada blog Anda berkembang pesat, Anda juga harus siap untuk mengupgrade dengan  custom domain (baca disini untuk pengertian Apa itu Hosting, Domain, dan Website?), Anda bisa memberikan notif atau pengumuman pada entri terakhir, bahwa blog sudah berganti dengan custom domain.

Cukup berikan pengumuman kecil dan serta URL nama domain baru Anda. Ini bersifat agar pengunjung tetap mengenali situs blog Anda setelah berganti domain tanpa mengganggu kenyamanan. Upgrade ini termasuk salah satu kebutuhan opsional untuk memudahkan pengunjung menghafalkan nama blog Anda yang sebelumnya masih menggunakan subdomain dari layanan gratis (domainanda.blogspot.com atau domainanda.wordpress.com).

2. Tentukan Niche

Niche adalah sebuah traget produk, pembahasan, atau topik. Pertama, Anda harus memutuskan Niche yang akan di tulis untuk mengisi blog Anda. Biasanya, pada kasus ini kebanyakan memilih niche sesuai dengan bidang atau kemampuan (hobi, kesukaan) yang Anda miliki.

Misalnya saja Anda suka dengan teknologi, maka isilah blog Anda dengan artikel tentang teknologi terbaru saat ini. Anda bisa melakukan pencarian topik populer menggukan fitur gratis dari google search, bisa juga dengan mesin pencari lainnya (Bing, Yahoo, dan lainnya).

Tidak masalah jika topik Anda tidak populer, yang penting selama ada di mesin pencari Anda harus bisa mengekspresikan apa yang akan Anda tulis. Buatlah semenarik mungkin agar pengunjung merasa nyaman dengan tulisan di artikel Anda.

3. Lakukan Update Harian

Langkah ini merupakan suatu keharusan tetapi opsional saja. Memperbarui artikel pada blog Anda setiap hari tidak hanya akan menarik para pembaca saja, melainkan memberikan konten segar setiap hari pada blog Anda di mesin pencari.

Tidak melakuakn update setiap hari itu juga tidak masalah, hanya saja konten yang sebelumnya Anda buat tidak akan terlihat fresh lagi di mata mesin pencari. Konten Anda akan hilang dalam beberapa minggu bahkan hari karena diganti oleh blog lain yang setiap hari melakukan update pada blognya.

Anda bisa melakukan update sehari beberapa konten saja di hari yang memang malas untuk menulis artikel baru. Hal ini berfungsi agar tetap menjaga konten artikel Anda selalu menarik pengunjung karena menghadirkan hal baru setiap harinya.

Namun yang lebih baik, Anda harus tetap membuat konten minimal sehari 2-3 artikel saja. Sisihkan waktu 1-2 jam untuk menjaga dan merawat blog Anda dan menghadirkan keywrod baru untuk mengangkat trafik tambahan.

4. Trafik / Pengunjung

Ini hal yang bukan rahasia lagi. Anda harus memiliki trafik untuk mendapatkan keuntungan dari blog itu sendiri. Anda banyak cara untuk mendapatkan trafik. Mulai dari yang berbayar, gratis, promosi sosial media, RSS Feed, dan berbagi di forum yang sesuai dengan blog Anda. Anda harus selalu menggunakan URL blog sebagai signature email ketika berkomentar di forum diskusi, sosial media, atau alat komunikasi lainnya yang bisa menguatkan URL blog.

Anda bisa menggunakan layanan gratis untuk mengirimkan RSS / XML URL feed Anda ke beberapa penyedia seperti Ping-O-Matic, Bing Submit URL, Google Add URL, dan masih banyak lainnya. Anda harus percaya diri untuk berbagi blog Anda kepada teman, keluargan, rekan kerja, dan pebisnis profesional ketika bertemu (biasanya di forum). Anda juga bisa mengirimkan aritkel konten kepada penyedia Artikel Submitter. Ini akan sangat berdampak baik untuk mendongrak trafik blog Anda.

Jangan lupa cantumkan URL blog Anda di akhir konten, ini juga bertujuan agar blog mendapatkan backlink dari penyedia. Bayangkans saja jika satu artikel Anda sangat populer dan kontroversial, tentu saja trafik blog Anda akan sangat banyak peminat.

5. Lacak Blog Anda / Tracking

Bagaimana Anda bisa mengetahui blog Anda mempunyai trafik? Tidak ada komentar bukan berarti tidak ada pengunjung. Banyak sekali pengunjung yang hanya melihat kontent artikel tanpa meninggalkan komentar tetapi mereka tetap kembali lagi ke blog Anda. Memang sedikit mengherankan, jika di lihat blog orang lain lebih menarik dari pada blog Anda namun tetap saja pengunjung tertarik oleh konten yang Anda buat.

Melacak aktivitas blog tidak harus menggunakan cara yang canggih, biasanya hanya menggunakan counter gratisan seperti StatCounter.com atau Histats.com dan banyak lainnya. Hanya perlu masukkan URL Anda dan copy kan kode ke html template atau widget pada blog sudah bisa memulai untuk melacak pengunjung blog Anda. Anda harus melihat dan menganalisa trafik yang berkunjung di blog Anda, seperti kata kunci, informasi url rujukan, dan informasi mesin pencari yang pengunjung gunakan.

6. Dengarkan Audiens Anda

Bila menggunakan counter yang bagus, Anda bisa memulai dengan melihat bagaimana pengunjung menemukan blog Anda. Pastilah akan muncul kata kunci (keyword) yang muncul untuk merujuk pada blog Anda. Jika terus-menerus blog Anda ditemukan oleh 1 pengunjung dengan beberapa kata kunci, maka akan semakin kuat juga konten dari kata kunci yang penungunjung gunakan. Berikan kata kunci pada judul dan entri sesering mungkin (dan jangan terlalu banyak juga) untuk menjaga konten tetap menarik di mata pembaca.

7. Bangun Lebih dari Satu Blog

Untuk tahap ini, Anda sudah bisa di bilang mahir dalam mengelola blog. Anda perlu menambah blog baru. Anda bisa membangun blog pada layanan gratis lainnya agar semakin banyak blog yang Anda buat akan semakin baik jika blog saling berkaitan. Memiliki blog di layanan yang berbeda itu seperti memiliki alat publikasi surat kabar yang berbeda juga. Hal ini bisa memfokuskan bahwa salah satu blog Anda berada pada halaman pertama mesin pencari.

8. Singkat, Ringkas, dan Jelas

Selain membuat artikel panjang (banyak kata), Anda juga perlu membuat artikel konten yang pendek dan ringkas. Kadang-kadang Anda juga harus membuat aturan sendiri agar tidak terlalu sering membuat artikel yang panjang. Anda tidak ingin entri pada blog Anda sebagai jam membaca.

Pengunjung akan lebih suka dengan artikel yang singkat dan jelas, namun perlu di dasari dengan artikel yang lengkap (tidak terpotong / part). Tentu juga dengan isi informasi yang benar dan tidak menipu. Ini malah terbilang lebih sulit, karena Anda harus membuat artikel yang panjang kemudian meringkasnya menjadi sedikit bagian dengan isi yang menarik.

Jauhkan juga dari kalimat yang sulit di artikan oleh pembaca, lebih lagi jangan gunakan kata yang di singkat. Selain tidak nyaman untuk dibaca pengunjung ini juga akan berakibat buruk pada mesin pencari karena sulit untuk menterjemahkan kata-kata yang Anda tulis.

9. Berikan Konten Digital

Cobalah mengisi konten dengan grafis non-iklan (bukan banner iklan), gambar, foto, dan seni entri di blog Anda. Jangan terlalu banyak, seminggu sekali itu sudah cukup. Dengan mengisi konten grafis kadang-kadang bisa membuat blog Anda seperti hidup. Tentu saja isi dari konten harus sesuai dengan grafis yang di tampilkan. Ini seperti menambahkan resep bumbu di dalam blog Anda, sehingga dapat memberikan aroma yang menarik pengunjung. Jangan lupa berikan keterangan sumber dari gambar yang Anda dapatkan.

10. Gunakan Gaya Sendiri

Anda harus menggunakan gaya bahasa sendiri. Anda juga bisa membuat konten lain dari pada yang lain. Sehingga Anda akan terlihat kreatif oleh pengunjung, akan tetapi harus dibatasi dan jangan sampai malah pengunjung kabur. Memindahkan posisi kata yang lebih menarik atau memasang gambar di tengah atau di bawah artikel.

Jangan mengisi konten Anda dengan surat penjualan, bukan untuk review produk, atau malah memaksa pengunjung untuk melakukan hal yang mereka tidak sukai.

11. Berinteraksi dengan Pengunjung Anda

Jika Anda sudah memiliki lalu lintas yang baik, saatnya Anda untuk memulai dengan berinteraksi dengan pengunjung. Buatlah konten bertema berbagi atau ajakan (bukan paksaan) seperti: “Berbagi Pulsa”, atau berikan Gambar Video paling populer saat itu juga. Ini dapat mengajak pengunjung untuk melakukan interaksi dengan Anda. Ini juga akan sangat bermanfaat jika blog Anda di bagikan (share) oleh mereka.

Memberikan pembaca pengetahuan wawasan yang saat itu sedang naik daun. Anda juga harus memberikan deskripsi lengkap dan menarik agar pembaca memberikan komentar poisitif pada blog Anda.

Mengisi dengan informasi eksklusif seperti ini tidak hanya menarik pengunjung tetapi juga mesin pencari. Dimana mesin pencari tersebut selalu update apa yang terjadi pada di hari itu.

Jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga, teman, dan rekan forum. Karena ini juga termasuk berinteraksi walaupun bukan sebagai pengunjung blog organik Anda.

12. Jadikan Uang

Setelah blog Anda sudah mendapatkan moment yang nyata dan di tambah trafik blog yang meningkat pesat, maka saatnya untuk mengubah lalu lintas ini menjadi keuntungan. Anda harus menggunakan program iklan kontekstual, seperti Google AdSense atau pengiklan lainnya.Iklan kontekstual biasanya berisi link teks yang menggunakan konten dari blog Anda untuk mempublikasikan iklan yang ditargetkan pada blog Anda sendiri.

Biasanya Anda akan dibayar berdasarkan pada model Pay Per Klik (CPC), yang berarti selama klik iklan, Anda akan di bayar presentase kecil dari keuntungan. Selain iklan kontekstual, ada juga yang menggunakan iklan grafis (Google AdSense juga ada) seperti: BlogAds.com, Amazom.com, dan lainnya.

13. Anda Profesional

Sekarang Anda Profesional! Apa yang Anda lalukan juga masih menggunakan layanan hosting blog gratis? Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan peningkatan (upgrade) dengan domain host. Anda perlu untuk mendapatkan webhost dan memilih doamin untuk nama blog Anda sesuai dengan ketersediaannya. Pilih aplikasi blog yang ingin Anda gunakan, seperti: Joomla.org, WordPress.org, atau Drupa.org.

Jangan lupa setelah semuanya berpindah ke domain baru jangan lupa untuk memberikan pengumuman agar pengunjung mengetahui bahwa blog Anda sudah berpindah. Berikan pengumuman pada artikel terakhir dengan judul “Blog Old migrasi ke New Blog”.

Pada tinggkat blogger profesional Anda mungkin bisa berkerjasama dengan 1 atau lebih blogger lain. Hal ini akan membuat blog Anda semakin menarik dan lebih kuat. Yang terpenting adalah tetap konsisten dengan apa yang Anda buat dan dapatkan. Tetap berbagi hal yang menarik dan informasi yang fakta agar pengunjung tidak bosan dengan isi dari blog Anda.

Anda juga bisa menentukan tema kepada setiap blogger yang ingin melakukan posting artikel baru. Misalnya saja Senin mengenai teknologi, Selasa gadget, Rabu diskusi website. Dengan cara seperti ini blog Anda akan tetap sesuai dengan topik pembahasan dan menargetkan blog Anda semakin menarik.

13 Langkah Sukses dari Blogging yang mudah Anda pelajari. Ini akan membuat pemgalaman blogging Anda terus meningkat dan bermanfaat. Semua ini tidak ada jaminan blog yang Anda bangun akan sePopuler seperti diatas, setidaknya Anda sudah berupaya membangun blog yang berkualitas di mata pengunjung.

Mendapatkan uang dari internet tidak bisa hanya dengan semalaman melakukan posting puluhan atau ribuan konten saja, akan tetapi membutuhkan waktu, pikiran dan tenaga untuk mewujudkan itu semua. Yang terpenting adalah Anda harus yakin dan konsekuen dengan apa yang telah Anda buat dan pikirkan selama membangun blog.

Tinggalkan Komentar

Blooglog © 2017 Frontier Theme